Yang Berjuluk Anaknya Kitab

Yang Berjuluk Anaknya Kitab

YANG BERJULUK ANAKNYA KITAB

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

Syaikh Abdurrahman adalah salah seorang ulama di masanya yang dikenal memiliki koleksi kitab sangat banyak di perpustakaan pribadinya.

Suatu hari, ia meminta istrinya untuk membantu mencarikan sebuah kitab yang akan ia gunakan sebagai referensi di dalam perpustakaan tersebut. 

Di tengah pencarian, sang istri yang sedang hamil tua mengalami kontraksi hingga kemudian lahirlah seorang bayi yang kemudian dijuluki Ibnu al Kuttub yang artinya anak kitab-kitab.

Di kemudian hari, anak inilah yang dikenal dengan nama al imam Suyuthi rahimahullah. Ulama yang sangat produktif dalam menulis sehingga memiliki begitu banyak karya.

Sang imam telah mengarang tak kurang dari 600 judul kitab. Dan beliau disebut- sebut sebagai salah satu mujaddid atau pembaharu Islam pada abad kesembilan hijriyah.

Diantara karya beliau yang sangat lekat di dunia pesantren adalah tafsir al Quran al 'Adzim lil imamain al Jalalain, atau yang lebih dikenal dengan tafsir Jalalain.

Tentu karunia besar yang beliau peroleh itu bukan hanya semata-mata karena lahirnya di tumpukan buku, namun juga disebabkan setelahnya beliau dididik oleh orang tuanya untuk selalu mencintai ilmu.

📚An Nur Ashafir hal. 51 

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Yang Berjuluk Anaknya Kitab". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait